Visi adalah sebuah ungkapan sederhana yang mengandung nilai filosofis mengenai apa yang diinginkan atau dicita-citakan suatu lembaga dalam jangka panjang. Visi BPR Gisawai adalah
"Meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui pemberdayaan UMKM"
Penjelasan dari visi tersebut:
- Visi di atas mencerminkan keadaan yang ingin dicapai oleh PT. BPR Gisawa sebagai partisipan dalam memperkuat perekonomian mikro Indonesia, melalui perBankan sebagai core business dari BPR Gisawa.
- Kata “Meningkatkan kesejahteraan rakyat” mengandung kondisi sejahtera yang ingin diupayakan BPR Gisawa dengan memberikan akses produk-produk perBankan kepada masyarakat yang berada dalam jangkauan BPR Gisawa.
- Kata “pemberdayaan” merupakan proses berkesinambungan jangka panjang untuk memfasilitasi dan mendorong masyarakat selain memiliki pengetahuan mengenai produk perBankan, juga menjadi cukup kuat untuk ikut berpartisipasi sebagai pelaku utama perekonomian. Dengan demikian individu-individu dalam masyarakat yang berada dalam posisi lemah akan mampu memenuhi kebutuhan hidupnya baik yang bersifat fisik, ekonomi, maupun secara sosial.
- Kata “UMKM” merupakan fokus sasaran yang dilayani BPR GISAWA sesuai UU PerBankan No.10/1998. Dalam UU tersebut secara tegas disebutkan bahwa BPR sebagai jenis Bank yang kegiatan usahanya terutama ditujukan untuk melayani usaha-usaha kecil dan masyarakat di daerah pedesaan. Karakteristik ini yang menjadi penekanan BPR GISAWA dalam menjalankan kegiatan operasional untuk menjangkau dan melayani usaha mikro, kecil dan menengah.
Berdasarkan penjelasan visi di atas, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
- Visi akan memberikan arah dan fokus yang jelas sehingga memudahkan dalam penyusunan strategi BPR Gisawa Visi berorientasi terhadap masa depan sehingga segenap jajaran harus berperan serta membentuk masa depan BPR Gisawa.
- Visi akan menumbuhkan komitmen seluruh jajaran BPR Gisawa.
- Visi akan menjamin kesinambungan eksistensi BPR Gisawa.
- Visi yang telah ditetapkan akan menarik dan menggerakkan banyak orang sehingga keberadaan BPR Gisawa mampu menciptakan makna bagi kehidupan masyarakat di sekitarnya.
Misi merupakan penjabaran upaya-upaya atau hal-hal yang harus dilaksanakan oleh segenap jajaran BPR Gisawa untuk mencapai Visi yang telah ditetapkan. Misi BPR Gisawa antara lain:
- Menjaga keseimbangan kepada Tuhan Yang Maha Esa
- Melaksanakan Kegiatan Operasional Bank yang sehat
- Mewujudkan pertumbuhan Bank serta keuntungan maksimal
- Mitra Strategis UMKM
- Manajemen yang transparan
- Pelayanan Prima
- Suasana kerja berasaskan kekeluargaan
- Merekrut dan mengembangkan SDM secara profesional
Slogan BPR GISAWA adalah “Tumbuh Bersama”. Slogan ini lah yang akan mendasari gerak langkah seluruh karyawan, pengurus, termasuk pemilik, dalam rangka pencapaian Visi.
Budaya Kerja adalah suatu falsafah dengan didasari pandangan hidup sebagai nilai-nilai yang menjadi sifat, kebiasaan, dan juga pendorong yang dibudayakan dalam BPR Gisawa. Budaya kerja ini tercermin dalam segala perilaku, cita-cita, pendapat, pandangan, serta tindakan dalam melaksanakan pekerjaan. Secara sederhana, budaya kerja mengemukakan tentang bagaimana sebaiknya anggota organisasi bersikap dalam kesehariannya. Budaya kerja di BPR Gisawa memiliki tujuan:
- Untuk mengubah sikap dan juga perilaku SDM yang ada agar dapat meningkatkan produktivitas kerja.
- Sebagai pengikat seluruh komponen organisasi terutama pada saat organisasi menghadapi goncangan dan hambatan.
- Alat untuk menyatukan beragam sifat dan karakter serta bakat dan kemampuan yang beragam dalam organisasi.
Budaya kerja yang berlaku di BPR Gisawa adalah:
- Profesionalism
- Respect
- Innovation
- Service Excellence
- Sinergy
|